MENGAPA HARUS SALAM

Pada masa Jahiliyyah, anggota masyarakat bila bertemu, mereka saling mengucapkan salam yang antara lain berbunyi : Hayyaaka-Ilaah (=semoga Allah memberikan kehidupan).

Islam datang mengajarkan salam bukan dengan kalimat itu, tetapi


dengan assalaamualaikum, bahkan kata inilah yang diucapkan Allah kepada mereka yang beriman dan memperoleh anugerah-NYA. :

”Kepada mereka dikatakan): ’SALAM’, sebagai ucapan dari Tuhan yang Maha Penyayang”(QS Yaasin:58).

Begitu juga dalam QS ash-Shaaffaat 79,109,120,130, 181.

Ucapan yang diajarkan dan dianjurkan Islam bila bertemu dengan sesama bukan sekedar Assalaamualaikum, tetapi ditambah lagi dengan Warahmatu-llaahi wa barakatuh.

Rahmat dan berkah ini untuk menunjukkan bahwa bukan hanya keselamatan dan kekurangan aib yang diharapkan kepada mitra salam, tetapi juga Rahmat Allah dan barokah, yakni aneka kebajikan-Nya yang juga kiranya tercurah.

Ucapan assalaamu ’alaikum, sama dengan yang diajarkan Nab Ibrahim as; yakni salam yang sifatnya langgeng dan mantap.


Pengucap salam dengan kalimat ini akan diberi 10 ganjaran, bila ditambah dengan warahmatullah menjadi 20, dan bila disertai lagi dengan wa barakaatuh, genaplah ganjaran menjadi 30. (HR Abu Daud dan at Tarmidzi melalui ’Imran ibn al Husain ra.)

“Dan apabila kamu di beri salam penghormatan, maka berilah salam yang lebih baik dari itu atau jawablah dengan setimpal. Sesungguhnya Allah Maha Memperhitungkan segala sesuatu” (QS 4:86)

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, hak muslim thd muslim lainnya ada 5 perkara :

Menjawab salam, menjenguk orang sakit, mengantarkan jenazah, memenuhi undangan dan mendoakan orang bersin. (HR Bukhari Muslim)

Semoga Allah memberikan curahan Rahmat pada mereka yang mengikuti sunnah Rasul dan petunjuk Allah dalam kitab-Nya dengan menjawab salam dengan...

Wa ’alaikum salam wa rahmatullah wa barakatuh.

March 14, 2007

NUNNY HERSIANNA BUDIALENGGANA

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment

Thanks for your comment!