CHARACTER BUILDING

Saya lupa tepatnya tangal berapa di awal Mei, namun saat itu saya didaulat kepala SD untuk memberikan semacam pencerahan sebelum memulai PRARAKERDIK ( pra – rapat kerja pendidikan), sebagai persiapan program kerja 08 -09. Bingung juga saat menentukan tema dan bahan. Apalagi kepadatan kegiatan saya saat itu membuat saya terpaksa hanya menulis outline di selembar kertas sebelum tidur, dan hanya dengan waktu 1,5 jam saya mencoba menyusun Power Point esok harinya.
Tema CHARACTER BUILDING akhirnya saya pilih setelah sekitar jam 20.30 saya bincang dengan Kepala Sekolah tentang acara besok.
Di menit-menit pertama, saya mengajak guru untuk melakukan BRAIN GYM sekedar untuk memahami konsep awal dari otak kanan dan otak kiri. Dengan iringan lagu DISCO DUCK jaman 70an dulu, ternyata guru-guru cukup bersemangat.
Setelah membahas Otak kanan dan otak kiri, selanjutnya pembicaraan masuk kepada pemahaman mengenai KECERDASAN MAJEMUK atau yang kerennya disebut MULTIPLE INTELEGENCE. Saya mengajak teman-teman guru untuk merenungi arah kemana siswa siswi kita akan dibawa. Bagaimana kita harus membantu mereka yang memiliki kelebihan kecerdasan otak kanan dan tidak melulu soal akademis.
Mengajak selalu berfikir positif, dan membuat beberapa simulasi tentang ‘berfikiran positif’ juga mewarnai kegiatan sebelum akhirnya mereka saya minta untuk menuliskan minimal kelemahan diri sendiri dalam upaya menjunjung program PEMBANGUNAN KARAKTER di sekolah. Selanjutnya secara peer-group session, mereka harus menceritakan kepada pasangan masing-masing apa yang akan mereka lakukan untuk menghilangkan kelemahan itu.
Sebelum ditutup dengan pernyataan BE A LEADER, ada beberapa TIPS kutipan dari literature yang saya sampaikan :
What's T.R.U.E. about good character?
Tell: Tell your children that having good character is important. It tells others what you are really like on the inside - not just what people see on the outside.
Reinforce: Reinforce the teaching of good character traits with examples that will remind the children what each concept means in practical terms.
Understand: Help children understand what each character trait means to them on a personal level. Make it relevant.
Engage: Engage your children with activities that will include the family and community.
(nbl, mei 2008)

NUNNY HERSIANNA BUDIALENGGANA

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment

Thanks for your comment!