Arief Rahman beri petuah untuk UAN

Jam 06.30 siswa dan orang tua sudah berkumpul di aula lantai bawah masjid SMU LABSCHOOL kebayoran (labsky), dan setelah acara dibuka oleh beberapa sambutan, mulailah Bapak Arif Rahman memberikan beberapa wejangan untuk siswa kelas 3 yang akan melaksanakan UAN tanggal 22 April 2008.

Dengan gayanya yang khas, ada beberapa sindiran menarik ala Pak Arief. Misalnya saja waktudia bercerita mengenai pengalaman pribadinya yang menyangkut bagaimana menemani dan membimbing seorang tokoh nasional di detik-detik akhir hayatnya. Pak Arief bertanya, tahukah anak-anak tentang ciri-ciri orang yang akan meninggal dunia. Setelah tidak ada yang menjawab, pak Arief langsung bertanya, siapa guru agama di sekolah itu! Lagi –lagi gaya Pak Arief membuat seluruh hadirin tertawa, karena mengatakan pada sang guru agama :” Coba bapak jelaskan bagaimana tanda-tanda orang yang akan meninggal dunia. The floor is yours!”, bagitu katanya. Karuan saja sang guru terbata- bata menjawab dengan iringin senyum dari seluruh hadirin.

Tema menarik akhirnya tiba, Pak Arif membahas tentang ACADEMIC AND PERSONAL SKILL FOR SUCCESS; yang terdiri dari

1. Moral

2. Booost Self Esteem

3. Increase Motivation

4. Raise Grades

5. Improve Peer, Teacher and Parent Realationships

6. Take Responsibility

7. Master Problem- Solving & Goal Setting

8. Be a confident communicator

9. Break Through Barriers

10. Be A Part of the Global Community

Moral; bagaimana kita menanamkan kejujuran diatas segalanya. Di sekolah binaannya yang baru Pak Arief menceritakan tidak peduli banyak muridnya yang tidak naik kelas atau tidak lulus, kalau ternyata kelulusannya didasari dengan ketidak jujuran.

Boost Self Esteem, bagaimana siswa harus mampu mempertahankan rasa percaya diri atas kemampuan dirinya.

Increase Motivation, anak labskul harus ‘THINK BIG’. Jangan punya cita-cita ‘yang biasa – biasa’ saja. Harus punya IMPIAN BESAR!! Dan punya konsistensi dalam pencapaiannya

RAISE GRADES, setelah memiliki impian dan konsisten; jelas harus selalu meningkatkan kualitas hidupnya.

IMPROVE PEERS, TEACHER an PARENT RELATIONSHIPS, jangan cari masalah. Harus pandai ber empati dan selalu bersabar dalam bertindak. Take control of your self ! Try to respect others to get the higher respect!........begitulah seterusnya.

Setelah petuah pak Arief, …guru, siswa dan orangtua yang beragama muslim langsung mengambil wudhu dan menuju lantai masjid untuk ber dzkir bersama dipandu oleh ustad Syukur dari ta’lim AD DZKIR. Sedangkan agama lainnya menuju tempat ibadah masing-masing di lingkungan sekolah. Semoga Allah bersama kita semua!

NUNNY HERSIANNA BUDIALENGGANA

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment

Thanks for your comment!