SISI LAIN DODO ZAKARIA

Senin siang itu saya ada di rumah saat belasan SMS mengabarkan bahwa Dodo dalam keadaan koma. Sekitar jam 2 siang Ambia dan Apin kawan baikku saat di sma juga mengabarkan bahwa mereka ada di rumah sakit pusat pertamina mendampingi keluarga dodo. Mereka sebenarnya mengajak saya bergabung.


Namun saat itu saya dalam keadaan flu setelah hari jumat sebelumnya saya sempatkan menjenguk dodo yang masih bisa tersenyum lemah menyambut kedatangan kami. 

Sekitar jam 3 saya kembali ber SMS dengan Ambia yang sedang di rumah sakit. Saya sempat titipkan untuk bantu dodo dengan mengucapkan kalimat tayyibah atau ayat-ayat Al Qur'an di telinganya. Ambia membalas SMS saya beberapa menit kemudian yang isinya : "Sudah Nun, sudah gue bisikkan dan pandu...". 

Alhamdulillah....... Belum juga saya sempat berpindah duduk...sekitar 15.42, saya menerima sms dari Ambia bahwa Dodo telah berpulang ke Rahmatullah pukul 15.40. Innalillahi wa ina illaihi rojiun..... Baru malam harinya saya memaksakan diri untuk melayat kerumah duka. 

Disana sudah banyak hadir teman-temanku juga para artis kolega Dodo. Luar biasa penuhnya..... Keesokkan harinya, sekitar pukul 07.00 pagi, Apin sudah menjemput kerumah saya, sarapan sebentar, lalu kami menuju rumah duka lagi dan mengikuti prosesi hingga ke pemakaman. 

DODO ZAKARIA. Dia bukan orang yang terlalu istimewa diantara kami. Orangnya sangat sederhana dan jarang berbicara. Namun apabila sudah bersama Dodo, sejuk sekali rasanya hati ini. Dodo orang yang sangat ramah...dan tidak sombong. 

Tutur katanya lembut dan selalu menyenangkan siapapun yang mendengar. Diantara para artis saat itu, mungkin hanya kami lah kelompok 'orang biasa'. Kelompok 'pertemanan' yang Alhamdulillah selalu memelihara silaturahmi sejak SMA dahulu. Mungkin selebritis yang hadir saat itu tidak satupun yang memperdulikan kami. 

Namun justru itulah hati saya terasa pedih menahan keharuan, mengingat betapa berartinya seorang DODO ZAKARIA diluar sebuah sosok selebritis yang mereka kenal. Dikeharuan dan diantara tetesan airmata mengiringi pemakaman dodo, saya terus melantunkan asmaulhusna...sambil berharap semoga apa yang didzikirkan oleh teman-teman Dodo dapat menambah kesejukan 'rumah baru' Dodo. 

Keceriaan dan kebersahajaan Dodo yang akan kami kenang... semoga akan memberikan suatu makna...bahwa kebesaran nama seseorang tidak lain dikarenakan manfaat tentang apa yang telah dilaksanakannya dalam mengisi sebuah kehidupan. 

 Selamat Jalan DODO....Percayalah...kebesaran lagu hasil karyamu tidak seberapa dibandingan kelembutan hati yang engkau berikan pada sahabat dan kerabatmu ~! 

NUNNY HERSIANNA BUDIALENGGANA

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment

Thanks for your comment!